05 Januari 2011

Mafia Amplop Putih


Negara ini populer mengenal istilah mafia, banyak ragam mafia yang dikenal di negeri ini, mulai dari mafia pajak, mafia hukum dan mafia-mafia lainnya. Seperti dimaklumi bersama bahwa mafia adalah gelar untuk kelompok jahat, jika dirujuk sebagai La Cosa Nostra (bahasa Italia: Hal Kami), mafia adalah panggilan kolektif untuk beberapa organisasi rahasia di Sisilia dan Amerika Serikat. Mafia awalnya merupakan nama sebuah konfederasi orang-orang di Sisilia pada Abad Pertengahan untuk tujuan perlindungan dan penegakan hukum sendiri. Konfederasi ini kemudian mulai melakukan kejahatan terorganisir, anggota Mafia disebut "mafioso" yang berarti "pria terhormat". Istilah "mafia" kini telah melebar hingga dapat merujuk kepada kelompok besar apapun yang melakukan kejahatan terorganisir seumpama Mafia Rusia dan Yakuza di Jepang.
Negeri ini memang telah diliputi oleh mafia, baik operasinya terang-terangan atau tersembunyi, merasuki seluruh komponen dan komunitas, baik birokrasi, politisi dan bahkan praktisi. Mafia memang telah menjamah lini ini semua, sehingga kebenaran telah berganti dengan pembenaran, jalan lurus telah diganti dengan jalan yang diurus, peraturan dan ketentuan telah berganti dengan kesemrautan, yang penting adalah kemampuan, tapi sayang kemampuan dimaksud adalah kemampuan materi.
Kemampuan materi yang telah mengacaukau keteraturan dalam peraturan, disuguhkan dalam berbagai macam, dibungkus dalam berbagai kemasan. Ada yang berbentuk mobil, rumah, filla, sepeda motor, baik langsung maupun tidak langsung. Bahkan ada yang dibungkus dengan amplop, tidak sebarang tanggung, amplop putih. Memang, putih mengandung makna kebersihan dan kesucian, jauh dari hal-hal terlarang dan haram. Tapi, pengguna putih yang berbentuk amplop adalah mafia, maka makna putih tidak lagi bersih, putih telah berganti dengan hitam dan kelam, sebab dipermainkan oleh mereka yang berjuluk mafia, mafia amplop putih.
Mafia amplop putih, merambah dunia birokrasi, mengakibatkan kesemrautan dalam birokrasi. Sekarang, reformasi birokrasi telah ditabuhkan gendangnya, gaungnya kian menggema merasuki semboyan setiap kroni birokrasi. Perlu diingat, keberhasilan reformasi birokrasi tergantung sejauh mana mafia amplop putih dapat ditekan aksesnya, jika para mafia amplop putih masih dapat bermain, maka reformasi birokrasi sulit direalisasikan. Menyakitkan, mafia amplop putih kadang mempermainkan nasib bawahan, orang yang bekerja banting tulang demi meningkatkan apa yang disebut kinerja, mafia amplop putih menebar pesona, pesona yang menghancukan kesatuan dalam team work. Cerdas memang gerakan mereka, dibungkus dengan segala kebaikan yang mampu menutup kejahatan dan belang, jurus silat lidah dimainkan, metode otak-atik dilancarkan, bahkan kadang air mata diuraikan, demi operan tertutup rapat, tanpa bekas dan jejak.
Mafia amplop putih, bagi yang punya kewenangan diharapkan akses mereka dapat ditekan, yang tidak memiliki kebijakan hanya mampu mengharapkan dengan do’a agar para mafia amplop putih tidak lagi berjaya. Selamat berjuang melawan mafia amplop putih, mari berjuang memerangi nafsu kita sendiri untuk tidak ikut-ikutan mereka para mafia amplop putih. Ingat, rezeki telah dikadarkan Allah, hak kita tetap tidak akan kemana, hak dan milik orang pasti akan diambil pemiliknya. Sekali lagi, selamat berjuang melawan mafia amplop putih!

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tuliskan tanggapan anda,,dan saya ucapkan Terimakasih